Sambut Dirgahayu RI ke 74, Gampong Aluenaga Gelar Lomba Jaloe Kruweh




KN-Banda Aceh-Dalam rangka menyambut Dirgahayu Indonesia ke 74 Pemerintah gampong Aluenaga mengadakan lomba sampan/Jaloe Kruweh di sungai gampong Aluenaga dan di ikuti peserta dari kalangan nelayan warga setempat, Minggu, 25/8/2019.

Kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan, oleh Keuchik Aluenaga, Faisal, dan dihadiri oleh Wakil Ketua DPRK Banda Aceh, H Heri Julius, unsur Muspika, Keuchik di Wilayah Kecamatan Syiah Kuala, Panglima Laot, aparatur gampong, tokoh masyarakat, serta warga setempat.

Dalam kesempatan tersebut Heri Julius, berharap dengan perayaan HUT Kemerdekaan ini dapat menumbuh kembangkan semangat juang terhadap para pahlawan kita terdahulu dalam merebut kemerdekaan bangsa Indonesia. 

Selain itu perayaan HUT kemerdekaan tersebut juga dapat memberikan hiburan bagi masyarakat serta pengembangan adat, budaya, dan menjadikan ajang olahraga bagi masyarakat khususnya para nelayan Aceh yang kesehariannya melaut.



Selanjutnya, Keuchik Faisal mengatakan perlombaan sampan/jaloh Kruweh memperebutkan piala bergilir Keuchik gampong Aluenaga, serta dana pembinaan dengan total hadiah Rp10 juta, disponsori oleh PT Rawoet Pureh dan Adhi Karya.

"Perlombaan ini yang pertama digelar dan akan terus berlanjut setiap tahun perayaan HUT Kemerdekaan RI," ujar Keuchik.

Selain lomba sampan, sebelumnya juga digelar perlombaan lainnya, seperti tarek tambang, lomba makan kerupuk bagi anak anak  serta perlombaan hiburan lainnya.(hendra)





Lebih baru Lebih lama